Minggu, 30 Juli 2017

thumbnail

BAHAYA MPASI DINI

Well moms, baca bareng2 yok. Sebenarnya ini sudah banyak artikelnya, tapi masih saja sering dipertanyakan "boleh gak sih anakku umur 4 bulan aku kasi pisang?", dsb

Ada yang akan panjang lebar kali tinggi dengan baik dan bijak menjelaskan. Nmun adapula yang menjawab dengan nada rada gereget y moms. Mpasi sebaiknya diberikan pada bayi usia 6 bulan, karena pada usia ini barulah enzim2 pencernaan seperti enzim pemecah protein (pepsin, lipase, amilase) baru bekerja. Bila moms memaksakan bayi dibawah 6bulan untuk makan, sama saja bunda melukai dan menyakitinya. Sistem pencernaannya akan bekerja lebih berat, tegakah moms?

Lalu apa saja sih resikonya?
1. Bayi lebih rentan alergi dan terserang penyakit. Karena sistem imun bayi dibawah 6 bulan masih sangat sensitif,maka memberikan mpasi dini menjadi jalan masuknya kuman yang akan menebar virus pada buah hati.

2. Produksi asi menurun. bayi yang sudah diberi mpasi dini maka frekuensi menyusu akan berkurang sehingga menurunkan produksi asi

3. Meningkatkan peluang hamil. Menyusui merupakan salah satu kb alami. Bila bayi sudah dikenakan mpasi dini maka frekuensi menyusu akan semakin jarang sehingga peluang hamil makin besar.
4. Meningkatkan peluang obesitas

5. Menyebabkan kram usus. Dibawah 6 bulan usus bayi belum siap untuk mencerna makanan sehingga dapat mengalami kram usus yang menyebabkan bayi rewel, menangis dan menjerit lama.

Moms, bayi rewel, menangis, ngemut jari, mengecap, memasukkan apa saja yang ada disekitarnya, merupakan fasenya. Kalau menangis coba moms gendong,ayunkan, ajak nertepuk tangan atau beri mainan musik. Bayi memasukkan apa saja kemulutnya sebagai bentuk fase latian koordinasi motorik dan bentuk ketertarikan bayi. Ini tandanya bayi cerdas.

Jadi jangan buru2 disimpulkan lapar lalu bunda kasi makan. Apapun makanannya apakah itu bubur instan,bubur nasi yang sangat cair, pisang lumat, dll tidak disarankan dibawah 6 bulan. Be smart moms. Semoga anak2 sehat selalu dan bangga memiliki bunda hebat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments